Friday, June 2, 2017

Mengenai Sains dan Perintah Berfikir








apakah ilmu sains sia-sia (gak dapat pahala?)

______
dalam Al-Quran, ditemukan tidak kurang dari 130x perintah untuk berpikir menggunakan akal kita, serta kehinaan yang akan menimpa orang2 yang tidak mau berpikir.
_______
Hukum Syar’i jumlahnya sekitar 500.
ayat yang terkait dengan sains dan teknologi sekitar 700 ayat

Mengapa banyak Ilmu Sains ???

karena Manusia adalah Khalifah dimuka bumi..
jadi Guide sudah disiapkan nya bukan hanya untuk menuju Surga - Tetapi juga selama Hidup didunia
sudah diberi tuntunan

Karena Allah Sangat sayang dengan umatnya 
_______
tentang alam, berakal dan Perintah untuk selalu bertafakur
Q.S Ali-Imran :190-191

إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ لَءَايَٰتٍۢ لِّأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ 

 ٱلَّذِينَ يَذْكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمًۭا وَقُعُودًۭا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَٰطِلًۭا سُبْحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ 


“Sesungguhnya, dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang, terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (190)

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.” (191)
___

baca juga ==> https://mudah-simple.blogspot.co.id/2017/06/lima-syarat-agar-setiap-usaha-bernilai.html 

bukan Promo, lihat aja jumlah Buku nya .............
TAFSIR ILMI; SERI MENGENAL AYAT-AYAT SAINS DALAM AL-QUR AN 14 Jilid

Deskripsi
TAFSIR ILMI;
SERI MENGENAL AYAT-AYAT SAINS DALAM
AL-QUR AN

Hasil Kolaborasi Antara PARA ULAMA dan PARA PAKAR SAINS

Isi Buku Tafsir Ilmi

Isi pembahasan Tafsir Ilmi terdiri dari 2 seri:

SERI KEHIDUPAN

Penciptaan manusia
Kisah nabi pra ibrahim
Seksualitas
Tumbuhan
Hewan (2 jilid)

SERI ALAM SEMESTA

Penciptaan Jagat Raya
Penciptaan Bumi
Benda langit
Samudra
Air
Makanan dan minuman
Waktu
Kiamat



Hasil Kerjasama :
Kementerian Agama RI dengan LIPI

Spesifikasi :
Terdiri dari 13 Judul ( 14 Jilid )
2.576 halaman
Ukuran 21, 5 x 28, 5cm
Cetak full color
Kertas Matt Paper 150 gr
Hard Cover

Menyajikan secara lengkap BERBAGAI KAJIAN SAINS MODERN YANG BERSUMBER DARI AL-QUR ANUL KARIM. Di sini kita dapat mentafakuri dua ayat ( tanda) sekaligus, yakni ayat-ayat Qauliyah ( Al-Qur an) dan ayat-ayat Kauniyah berupa bukti-bukti ilmiah di alam semesta.

Tim Penyusun :
Ketua Tim : Prof. Dr. H. Hery Harjono-LIPI
Wakil Ketua : Dr. H. Muchlis M. Hanafi, MA - Kemenag
Sekretaris : Prof. Dr. H. Muhammad Hisyam - LIPI

Anggota :
Prof. Dr. Thomas Djamaluddin - LAPAN
Prof. Dr. Ir. Arie Budiman, - LIPI
Prof. Safwan Hadi, Ph.D - LIPI
Prof. Dr. H. Hamdani Anwar, MA - Kemenag
Prof. Dr. H. M. Darwis Hude, - Kemenag
Prof. Dr. H. E. Syibli Syarjaya, MM - Kemenag
Dr. H. Moeji Raharto - ITB
Prof. Dr. H. Soemanto Imamkhasani - LIPI
Dr. Ir. H. Hoeman Rozie Sahil - LIPI
Dr. Ir. M. Rahman Djuwansah - LIPI
Dr. Ali Akbar - UI
Dra. Endang Tjempakasari, - LIPI

Staf Sekretaris :
H. Zarkasi, MA
H. Deni Hudaeny AA, MA
Jonni Syatri, MA
Muhammad Musadad, .I
Muhammad Fatichuddin, S.S.I

Bagi orang tua, mendidik anak agar tumbuh menjadi pribadi shalih yang kokoh di segala sisi, baik iptek maupun imtaq nya adalah pekerjaan orang tua yang bijak dan mulia.
Buku ini merupakan sarana bagi orang tua dalam menjalin komunikasi dan keakraban dengan anak dan juga untuk membekali anak-anak dengan ilmu dan iman sejak dini.
Bagi para pelajar buku ini dapat mengembangkan wawasan keilmuwannya secara seimbang dengan menyadari kebesaran Allah SWT, atas setiap ilmu yang dipelajari. Dan itu adalah merupakan salah satu karakteristik keluarga muslim.

TERDIRI DARI 14 JILID :

JILID 1 : PENCIPTAAN MANUSIA
Bagaimana asal mula kehidupan ? Seperti proses penciptaan manusia dan hubungan mereka dengan alam raya? . Buku ini akan membahasnya secara lengkap, didukung oleh dalil-dalil dari Al-Qur an dan kajian sains modern.

JILID 2 : KISAH PARA NABI PRA IBRAHIM
Sejarah hidup Nabi Adam as, Nabi Idris as, Nabi Nuh as, Nabi Hud as dan Nabi Shalih as akan dibahas secara lengkap disini, juga sejarah kota tua Iram dan Al Ahqaf. Selain didukung oleh ayat-ayat Al-Qur an, buku ini menyajikan bukti-bukti arkeologi dari para ilmuwan. Sangat berguna sebagai wawasan sejarah kita.

JILID 3 : SEKSUALITAS
Seksualitas bukan perkara tabu dalam Islam, selagi dibahas secara proporsional, terhormat serta penuh adab dan kesopanan. Buku ini menyajikan secara lengkap hal-hal terkait seks dalam Islam dengan penjelasan yang lugas dan gamblang. Penting untuk dibaca.

JILID 4 : TUMBUHAN
Ingin tahu kehebatan dan keajaiban buah delima, buah Zaitun dan buah Tin? . Buah dan tumbuhan apa saja yang tersebut dalam Al-Qur an? . Dengan membaca buku ini, anda akan menemukan informasi lengkap tentang buah-buahan, sayur, sayuran dan pohon-pohonan yang dibingkai dengan ilmu Al-Qur an.

JILID 5 : HEWAN ( 1)
Tahukan anda, ada berapa jenis hewan yang disebutkan dalam Al-Qur an ? . Buku ini menyajikan informasi lengkap tentang dunia hewan, mulai dari hewan amfibi, mamalia, burung, serangga hingga laba-laba dan hewan liar. Layaknya sebuah ensiklopedi yang dapat memperkaya iman .

JILID 6 : HEWAN ( 2)
Buku ini menyambung petualangan kita di buku 5 sebelumnya . Selain menyajikan fenomena kehidupan dunia laba-laba , ikan, hewan ternak dan hewan liar, kita bisa menambah wawasan penting seputar keunikan perikehidupan hewan seperti migrasi, sistem komunikasi dan pola simbiosis mereka. Suatu pesona mukjizat sains Al-Qur an dalam dunia fauna yang kaya .

JUILID 7 : PENCIPTAAN JAGAD RAYA
Adakah kehidupan di luar Planet Bumi? . Anda akan menemukan jawabannya dalam buku ini. Pembahasan tentang penciptaan alam semesta dalam enam masa, struktur tujuh lapis langit dan rahasia pergantian waktu siang dan malam, semuanya dapat kita temukan di sini, sesuai dengan pandangan Al-Qur an.

JILID 8 : PENCIPTAAN BUMI
Bumi tempat kita berpijak ternyata tidak sesederhana seperti yang kita lihat. Buku ini mengajak anda untuk mengetahui proses penciptaan dalam dua masa, proses geologi dan hidrologi, hakikat bumi yang dinamis hingga pembahasan tentang samudera, lautan dan cuaca. Sebuah wawasan keilmuan yang dapat menambah keimanan bagi kita.

JILID 9 : MANFAAT BENDA LANGIT
Benda-benda luar angkasa seakan-akan tidak berkaitan erat dengan kehidupan kita, namun Allah SWT banyak mengungkapkan nya dalam Al-Qur an. Dengan menyimak buku ini, Anda akan memahami fungsi matahari, bulan, planet, meteor, bintang dan gugusan bintang, di luar apa yang kita bayangkan. Sangat menarik untuk dibaca.

JILID10 : SAMUDERA
Bagaimana samudera di ciptakan? Energi apa saja yang dikandung oleh lautan? Bagaimanakah kita dapat memahami El Nino, La Nina dan Tsunami? Buku ini akan menyajikan jawaban-jawabannya bagi anda, tentu dalam dimensi Al-qur an yang mencerahkan.

JILID 11 : AIR
Air adalah sumber kehidupan. Buku ini menyajikan secara terperinci kepada anda segala hal tentang air, mulai dari sirkulasi air di bumi, berbagai bencana akibat air hingga krisis air global, dan bagaimana Al-Qur an telah menyebutkan semua itu. Sangat penting untuk ditelaah.

JILID 12 : MAKANAN DAN MINUMAN
Pola makan manusia menjadi pembahasan yang seakan tidak pernah habis-habisnya. Sebenarnya, seperti apakah makanan yang sehat? Bagaimanakah diet yang praktis? Dan bahan makanan apa saja yang membahayakan kesehatan? Dengan bingkai Al-Qur an, buku ini akan mengupas tuntas berbagai hal tentang makanan dan minuman. Sangat menarik untuk dibaca.

JILID 13 : WAKTU
Waktu adalah kehidupan. Waktu juga bersifat relatif. Dalam buku ini anda akan menemukan hakikat waktu dalam kisah Isra-Mikraj, Kisah Nabi Sulaiman dan Kisah Ashabul Kahfi.

JILID 14 : KIAMAT
Hari Kiamat pasti akan terjadi dan kita wajib beriman dengannya. Namun mampukah sains modern membuktikan kebenaran kiamat? Bagaimanakah kondisi langit dan bumi pada hari Kiamat? Simaklah segala hal tentang hari Kiamat di buku ini.


No comments:

Post a Comment

Broken Heart

Hadiah untuk yang (pernah) Patah Hati,  dan belum Move On  patah hati, broken heart, hati yang hancur   hampir selalu di ilustrasikan  seper...